Jadwal KRD Bandung Raya Terbaru selama Pandemi Covid-19

Kami sajikan jadwal KRD Bandung Raya terbaru yang berlaku selama pandemi Covid-19. Kereta ini melayani rute Padalarang – Cicalengka PP.

Kali ini, Transportasi BDG akan mengulas seputar transportasi komuter favorit warga Bandung, yaitu KRD Bandung Raya. Masyarakat Bandung biasa menyebut kereta ini dengan KRD saja. Rangkaian kereta kelas ekonomi ini adalah kereta komuter yang dioperasikan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung.

Kereta ini beroperasi mulai dari Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat sampai Stasiun Cicalengka, Kabupaten Bandung. Bisa dibilang, kereta ini berjalan “membelah” Bandung Raya. Mengapa? Karena jalur kereta api di daerah Bandung Raya (Kab. Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kab. Bandung) berada persis di tengah-tengah Bandung dan seakan membagi Bandung menjadi 2 daerah, Bandung Utara dan Bandung Selatan.

Sebagai trasportasi komuter, masyarakat Bandung biasa menggunakan moda transportasi publik ini untuk pergi dan pulang bekerja atau sekolah, membawa barang dagangan ke pasar, dan lain-lain. Kereta ini menjadi sarana transportasi untuk membawa barang dagangan ke pasar karena beberapa stasiun tempat berhentinya KRD ini dekat dengan pasar, seperti Pasar Ciroyom (dekat Stasiun Ciroyom), Pasar Kosambi (dekat Stasiun Cikudapateuh), dan Pasar Padalarang (dekat Stasiun Padalarang).

Baca Juga: Jadwal KA Lokal Cibatu 2019 Terbaru

Fasilitas yang ada di kereta ini sudah lebih baik dari beberapa tahun lalu karena penambahan AC dan stopkontak listrik untuk mengisi ulang daya handphone Anda.

Kereta ini beroperasi mulai jam 3.30 pagi hingga jam 2 malam. Namun pada jam tertentu, KRD Bandung Raya tidak akan berhenti di beberapa stasiun. Mulai 1 Desember 2019, kereta ini tidak berhenti di Stasiun Gedebage.

Semenjak tahun 2010, stasiun Andir tidak difungsikan sebagai tempat naik turunnya penumpang kereta karena beberapa faktor. Stasiun Andir kini difungsikan sebagai pos penjaga pintu perlintasan kereta dan pos sinyal kereta.

Inilah jadwal KRD Bandung Raya 2019 terbaru yang Transportasi BDG rangkum untuk Anda. Biasanya jadwal akan berganti setelah beberapa tahun. Jadwal di bawah ini masih berlaku hingga sekarang. Untuk melihat lebih jelas, silahkan klik pada gambar.

[UPDATE: Artikel ini beserta jadwalnya sudah diperbarui pada 12 April 2020 berdasarkan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019 yang disusun oleh PT KAI dan rilis resmi yang disebarkan lewat akun Twitter Radio PRFM Bandung]

Rute Cicalengka – Padalarang

Rute Padalarang – Cicalengka

Sejak tahun 2018 lalu, penjualan tiket KRD Bandung Raya sudah bisa dilayani lewat aplikasi “KAI Access” melalui smartphone Android dan iOS. Metode pembayaran yang diterima oleh aplikasi ini adalah e-wallet LinkAja (dulu T Cash dan Mandiri E-Cash). Tiket bisa dipesan mulai H-7 hinggan 5 menit sebelum keberangkatan. Meski begitu, penjualan tiket secara langsung (go show) akan dibuka 3 jam sebelum keberangkatan jika tiket masih tersedia.

UPDATE 12 April 2020: Humas PT KAI Daop 2 Bandung merilis jadwal sementara KRD Bandung Raya selama masa pandemi Covid-19 seperti yang tertera pada infografis di atas. Tidak ada pembatasan jam operasi seperti yang dilakukan pada jadwal Commuter Line Jabodetabek. Hanya saja, ada pengurangan jadwal pada jam pertama dan 3 jadwal terakhir.

Meski begitu, jadwal di atas sewaktu-waktu bisa berubah kembali berdasarkan situasi terkini di kawasan Bandung Raya.

Jika tidak ada keperluan mendesak, tetaplah di rumah atau tempat tinggal Anda sampai pandemi Covid-19 ini pulih.

Jika memang harus keluar rumah, pastikan Anda menerapkan langkah-langkah pencegahan agar terhindar dari wabah Covid-19.

Tulisan terkait

Mungkin kamu pengen baca ini juga

Panduan Transportasi Publik Bandung Telah Hadir

Hai, anda tahu Bandung kan? Siapa sih yang ga kenal kota yang terkenal (katanya) dengan julukan kota kembangnya ini? Yup, Bandung kini adalah sebuah kota metropolitan terkemuka yang berada tepat di tengah-tengah Provinsi Jawa Barat. Kota Bandung bisa dibilang sebagai “Jakarta”nya Jawa Barat. Mengapa? Karena setiap weekend, jalanan kota Bandung pasti dipenuhi oleh kendaraan orang […]

11 Comments

    1. Hmm buahbatunya darimana dulu nih?

      Kalo antara jembatan tol sampe simpang bubat-soetta, mending naik angkot Cicadas – Cibiru ke stasiun Kiaracondong.

      Kalo di sekitar kliningan, solontongan, cijagra, bikasoga, dan sekitarnya, baiknya naik angkot St.Hall – Gedebage ke stasiun Cikudapateuh. Turunnya pas baru jl. Ahmad Yani yg ada palang pintu keretanya.

      Semoga membantu (;

    1. Sebenernya bisa aja beli langsung, tapi baru dijual 3 jam sebelum keberangkatan. Sekarang ini, PT KAI lebih prioritas untuk booking via app KAI Access

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *