Jadwal KA Lokal Cibatu Terbaru 2019 [UPDATE Desember 2019]

Berikut ini adalah jadwal KA Lokal Cibatu – Purwakarta yang berlaku mulai 1 Desember 2019. Kami jelaskan juga harga tiket, dan fasilitas dari kereta ini.

Selain mengoperasikan KRD Bandung Raya dengan rute Cicalengka – Bandung – Padalarang PP, PT Kereta Api Indonesia juga mengoperasikan KA Lokal rute Cibatu – Bandung – Purwakarta PP. Rangkaian KA ini menunjang transportasi komuter warga Jawa Barat yang terhubung dengan jalur kereta api di Daerah Operasi II Bandung.

Saya tidak tahu persis kapan rute ini mulai dibuka untuk umum. Sejak saya kecil, rute ini sudah beroperasi melintasi sebagian jalur KA di selatan Jawa Barat. Mulai dari Stasiun Cibatu, Kabupaten Garut; sampai ke Stasiun Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Harga tiket KA ini sebesar Rp 8.000,- untuk ke semua stasiun tujuan. Anda sudah bisa membeli tiket kereta ini menggunakan aplikasi KAI Access di smartphone Android dan iOS. Tiket bisa dipesan mulai H-7 sampai 5 menit sebelum keberangkatan.

Baca Juga: Jadwal KRD Bandung Raya 2019 Terbaru

Selain itu, perbedaan lainnya adalah fasilitas yang ada di kereta ini sudah lebih baik ketimbang zaman saya kecil dulu. Mulai dari adanya pendingin udara dan stopkontak. Meski begitu, kereta ini masih menggunakan format tempat duduk yang berhadapan antara nomor ganjil dan genap.

Oh iya, setiap kereta memasuki Terowongan Sasaksaat, lampu di dalam kereta yang sekarang akan dinyalakan. Tidak seperti dulu, dimana saya harus berurusan dengan kegelapan selama kurang lebih 3 menit. Hal tersebut mungkin tidak Anda rasakan jika dulu Anda menaiki kereta komersil dari Bandung atau Jakarta.

Kereta ini mulai beroperasi dari jam 3.55 WIB dari Stasiun Purwakarta dan berakhir di stasiun yang sama pada pukul 0.52 WIB. Jadwalnya sendiri saat ini sudah lebih banyak ketimbang dulu.

Kereta ini berhenti di hampir semua stasiun yang dilewatinya. Hanya Stasiun Cisomang, Lebakjero, dan Andir, yang tidak disinggahi oleh kereta ini. Meski begitu, ada beberapa stasiun yang tidak disinggahi pada jadwal tertentu. Stasiun-stasiun itu adalah Ciroyom, Gadobangkong, Gedebage, Cimekar, Rancaekek, Haurpugur, dan Cicalengka.

Oke deh, berikut ini adalah jadwal KA Lokal Cibatu – Purwakarta 2019 yang berlaku sejak 1 Desember 2019. Jadwal di bawah ini bisa saja tidak akurat jika kereta ini mengalami keterlambatan.

[UPDATE: Artikel ini beserta jadwalnya telah diperbarui pada 30 November 2019 berdasarkan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019 yang disusun oleh PT KAI]

Rute Purwakarta- Cibatu

Rute Cibatu – Purwakarta

Oh iya, kereta ini bisa menjadi transportasi alternatif bagi Anda yang ingin berpergian dari Jakarta ke Bandung dengan biaya transport termurah. Untuk itu, Anda harus naik KA Lokal dari Stasiun Tanjung Priok, Tambun, atau Cikarang, ke Stasiun Purwakarta.

Tulisan terkait

Mungkin kamu pengen baca ini juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *