Ternyata Spacetoon Indonesia Masih Bersiaran!

Ketika blog ini membahas tentang berakhirnya siaran FTA Spacetoon di Indonesia, kami mendapat kabar mengejutkan dari ranah satelit.

19 Mei 2013, jam 11.20 WIB (Waktu Indonesia Barat), saya mengecek posting di blog dan thread saya di Kaskus terkait menghilangnya Spacetoon Indonesia dari layar TV Indonesia (lihat Selamat Tinggal Spacetoon Indonesia). Ternyata saya mendapat PM (Private Message) dari salah seorang pengguna Kaskus, yang berisi sebagai berikut:
“Gan, ane baru mendapat info dari siaran TVnya langsung kalau Spacetoon sekarang pindah ke Satelit Telkom 1 Frekuensi 3732 MHz Symbol Rate 4160. Jadi intinya Spacetoon masih ada gan, cuman pindah frekuensi saja.”

Hmm, saya lalu berpikir sejenak. Jika saya cek langsung sesuai arahan dari pengguna Kaskus tersebut, hal tersebut tidak bisa saya lakukan karena saya tidak memiliki TV parabola. Saya selalu melakukan pengamatan terhadap Spacetoon (kini NET.) di TV terestrial biasa. Saya harapkan ada pengguna Kaskus yang memiliki TV parabola memberikan screenshot tayangan Spacetoon Indonesia di satelit setelah siaran terestrialnya diambil alih oleh NET.

Saat saya mencari informasi tentang Spacetoon dan NET. , saya sempat melihat salah satu website penyedia satelit. Ternyata Spacetoon Indonesia telah “menggandakan diri” di satelit. Spacetoon Indonesia bersiaran di satelit Palapa D dan Telkom 1. Namun, yang dipakai NET. yaitu siaran Spacetoon di Satelit Palapa D.

Hal ini berarti NET. memang mengambil alih kepemilikan saham Spacetoon, namun NET. hanya menggunakan siaran terestrialnya di Indonesia (Jakarta, Bandung, Medan, Garut, Denpasar, Malang, dll), sedangkan Spacetoon Indonesia masih bersiaran namun hanya dapat disaksikan jika anda memiliki TV parabola. Semoga posting saya ini dapat memberi kabar baik bagi pemirsa setia Spacetoon Indonesia :).

Revisi 12 November 2018: Artikel ini diterbitkan pada tanggal 19 Mei 2013 di blog lama kami. Artikel ini juga diterbitkan di forum online Kaskus. Perubahan artikel dilakukan sebagai pembaharuan arsip artikel di situs baru kami.

Tulisan terkait

Mungkin kamu pengen baca ini juga

Akhirnya, NET. Menayangkan Siaran Lokal

Setelah 11 bulan mengudara di frekuensi terestrial milik Spacetoon Indonesia, akhirnya NET. benar-benar menjadi stasiun TV yang menerapkan konsep siaran berjaringan. NET. mulai membuka siaran lokal di Bandung pada bulan Maret 2014.

27 Comments

  1. aduh hanya orang kaya yg punya parabola aja yg bisa lihat,
    sedangkan orang miskin yg cuma nonton melalui antena biasa,
    udah ga bisa lihat spacetoon lagi,
    frekuensi banyak yg kosong kenapa ga dipakai aja ama spacetoon ?
    kasihan pencinta spacetoon yg ga punya parabola ga bisa lihat.

  2. ya….di kota gini mana ada yang mau makek parabola…….
    sama aja……
    demi space toon…..ganti antena jadi parabola
    lu aja coeg :v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *