CTV Banten ada di Bandung?

Kota Bandung kedatangan stasiun TV lokal baru yang terindikasi (walau selanjutnya memang bener) merupakan anggota jaringan CTV Banten.

Hari pertama di bulan Desember 2013, saya tidak sengaja menonton siaran BCTV Bandung, sebuah stasiun TV lokal baru di Bandung yang mengudara di channel 21 UHF. Ada yang berbeda disana. Apakah itu? Ternyata di saluran BCTV (21 UHF) ada siaran CTV (Cahaya TV), sebuah stasiun TV lokal Banten. Di siarannya tersebut tidak memuat logo BCTV yang terkesan “asal buat” tersebut (karena logo BCTV menurut saya bisa dibuat hanya dengan Microsoft Word), yang ada hanyalah logo CTV saja. Namun, jam 9 malam, siaran CTV tersebut berganti lagi menjadi siaran BCTV Bandung (Dan logo “asal buat” tersebut muncul lagi).

Ada yang menarik perhatian saya saat BCTV merelay siaran CTV Banten tersebut. Apakah itu?

  1. Ternyata BCTV juga menyiarkan iklan-iklan CTV saat merelay siaran CTV, seperti TV lokal anggota stasiun TV berjaringan.
  2. Backsound station ID BCTV Bandung dengan CTV Banten sama persis, hanya beda tayangan grafisnya
  3. BCTV menayangkan program C Shop, home shopping buatan CTV yang menyaingi O Shop-nya O Channel.

Ketiga pertanyaan tersebut bersatu menjadi satu pertanyaan krusial, apakah BCTV Bandung adalah anggota jaringan CTV Banten? Jawabannya bisa dibilang 90% iya, melihat dari banyaknya program CTV Banten yang juga disiarkan oleh BCTV Bandung.

Apakah ini artinya dunia pertelevisian di Kota Bandung ini sudah dipenuhi oleh media dari luar Bandung? Entahlah…..

Revisi 12 November 2018: Artikel ini diterbitkan pada tanggal 2 Desember 2013 di blog lama kami. Artikel ini juga diterbitkan di forum online Kaskus. Perubahan artikel dilakukan sebagai pembaharuan arsip artikel di situs baru kami.

Tulisan terkait

Mungkin kamu pengen baca ini juga

MyTV Resmi Hadir Sebagai Televisi Perempuan Pertama di Indonesia

Jakarta, TeddyTV.xyz – MyTV, stasiun televisi khusus perempuan pertama di Indonesia, resmi mengudara kemarin (2/2/2019) mulai pukul 15.55 WIB. Stasiun televisi yang dikembangkan oleh Dato Sri Tahir, pemilik Mayapada Group, tersebut, merupakan rebranding dari INTV, yang sahamnya telah diakuisisi pada tahun 2018 lalu. Dilansir dari CNBC Indonesia, akuisisi saham tersebut telah dibicarakan Tahir dengan pemilik […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *