Countdown Jelang Program Spesial, Buat Apa?

Mending kalo programnya emang lagi ditunggu. Lah kalo nggak gimana?

Jika kita lihat tayangan TV di Indonesia akhir-akhir ini, terdapat countdown yang ditempatkan di sisi atas/bawah layar kaca. Biasanya countdown ini menunjukkan jam tayang suatu program yang dispesialkan. Contohnya saja saat kuis “New Famili 100” di Indosiar sedang berlangsung, di sisi bawah kanan layar ada countdown menuju program D’Academy atau D’Terong. Hal tersebut mengingatkan kita dengan jam yang ditampilkan pada layar TV saat bulan Ramadhan. Saat sahur ataupun buka, stasiun TV biasanya menambahkan jam dan waktu imsakiyah di siarannya. Hal ini memang mengundang keingintahuan masyarakat tentang kapan waktu imsak dan kapan waktu buka (jelas 2 waktu ini yang ditunggu saat Ramadhan).

Beralih ke topik utama, sejarah pemasangan countdown pada siaran TV akhir-akhir ini dipelopori oleh Indosiar. Saya mencatat, Indosiar pertama kali menampilkan countdown menuju program unggulannya, “Dangdut Academy Indonesia”, atau yang sering juga disebut D’Academy. Lalu disusul oleh RCTI dengan countdown menuju sinetron-sinetron primetime-nya, dan pertandingan ISL; kemudian SCTV dengan countdown menuju sinetron-sinetronnya, pertandingan Timnas U-19, dan menuju program pencarian bakat “Indonesia’s Got Talent”; dan terakhir MNCTV dengan countdown menuju program-program unggulannya.

Sekarang, pertanyaan yang sebenarnya saya ingin tanyakan kepada pengelola TV. Memang buat apa ada countdown di layar TV?

Mengapa saya ingin mengajukan pertanyaan itu, karena bisa dilihat dari “kebiasaan” yang dilakukan oleh stasiun-stasiun TV di Indonesia ini, yaitu kebiasaan jam tayang program yang ngaret (telat) dari jam tayang yang dipromosikan. Contohnya, sinetron terkenal “Tukang Bubur Naik Haji” di promo iklannya ditulis jam tayangnya jam 20.00 WIB. Tapi, malam harinya, ternyata sinetron yang tokoh utamanya udah ga ada itu baru tayang pada pukul 20.12 WIB. Memang sih sama-sama jam 20.00 WIB, tapi yang menjadi perhatian saya adalah countdown sebelum sinetron itu tayang.

Sebelum sinetron TBNH ditayangkan, atau saat sinetron yang saya ga tau judulnya karena jarang nonton sinetron, waktu yang ditunjukkan di countdown memang tepat menunjukkan pukul 20.00 WIB. Tapi bisa aja kan pengelola TV mengubah waktu mundurnya saat jeda iklan (yang lamanya ga ketulungan itu) menyesuaikan dengan perkiraan waktu asli mulai tayangnya program. Sungguh lucu menurut saya, karena anak SD kelas 3 pun pasti tahu cara menghitung jam dalam satuan jam, menit, dan detik (entah bagaimana dengan anak SD saat Kurikulum 2013 sekarang).

Jadi, saran saya untuk para pengelola stasiun TV, jangan ikut-ikutan memasang countdown di layar kaca jika jam tayang program-programnya masih ngaret dari jadwal. Benahi dulu jam tayang programnya, baru bisa memasang countdown dengan jujur tanpa disetting saat jeda iklan 😉

Tulisan terkait

Mungkin kamu pengen baca ini juga

Aice, Kenangan Masa Kecil, dan Pasar Es Krim Indonesia

Bisa dibilang, ini adalah pertama kalinya saya membuat artikel yang berhubungan dengan kuliner. Inspirasi artikel ini berawal dari teman kampus saya yang lagi “ngidam” Aice, sebuah merek es krim yang lagi ramai dibicarakan di media sosial. Sampai, dia bela-belain untuk mencari warung atau toko yang menjual es krim ini di sekitar kampus. Walaupun hasilnya nihil. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *