Selamat Tinggal Spacetoon Indonesia

Sebuah kabar mengejutkan datang dari stasiun TV FTA yang berfokus pada tayangan anak, Spacetoon.

Jika Anda melihat layar Spacetoon sejak tanggal 1 Mei, ada yang beda dengan tayangannya. Kini, di sudut kiri layar setelah logo khas Spacetoon ada gambar “hitung mundur”. Saat artikel ini ditulis, pada layar Spacetoon tertulis “14 HARI LAGI”. Itu artinya, akan ada yang berbeda di Spacetoon di tanggal 26 Mei 2013. Ada apa pada 26 Mei nanti?

Dikutip dari Kompas.com, mantan Direktur Utama Trans TV, Wishnutama, melalui perusahaan media yang dia dirikan, PT Net Mediatama Indonesia, sudah membeli saham Spacetoon Indonesia (PT. Televisi Anak Spacetoon) dan akan menggunakan frekuensinya untuk bersiaran. Namun berita tersebut masih belum bisa dipercaya karena belum ada konfirmasi dari Wishnutama.

Saya baru tahu, ternyata sudah ada perusahaan media baru bernama PT. Net Mediatama Indonesia, perusahaan yang berada di bawah payung Indika Group.

Lalu, saya mencari profil perusahaan ini di internet. Dari yang saya dapatkan di Fanpege Facebook perusahaan itu, terdapat video promo grand launching stasiun TV dari perusahaan tersebut. Dan setelah saya lihat kembali, di timeline Twitter perusahaan tersebut tertera hashtag #Jakarta27UHF. Sebentar, bukannya kanal Spacetoon di Jakarta adalah 27 UHF?

Saya semakin yakin berita tersebut benar setelah melihat “bocoran” dari karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Melalui dinding kiriman karyawan tersebut di fanpage PT Net Mediatama Indonesia, saya bisa tahu bahwa Spacetoon akan digantikan dengan siaran Net Mediatama Indonesia mulai tanggal 26 Mei 2013.

Lalu, bagaimana dengan nasib Spacetoon sendiri? Di website resmi Spacetoon Indonesia, tidak tercantum stasiun televisi khusus anak ini akan berhenti mengudara dan berganti nama. Fanpage resmi Spacetoon pun terlihat tidak update lagi sejak bulan Maret 2013.

Namun, di fanpage tak resmi Spacetoon Indonesia (fanpage khusus pemirsa setia Spacetoon), tertulis kekecewaan pemirsa setia Spacetoon Indonesia terkait bergantinya nama dan konten acara Spacetoon Indonesia. Mereka berpendapat, hal tersebut sebagai titik akhir perjuangan Spacetoon menghibur anak Indonesia dengan acara khusus anak, mulai dari kartun, program pendidikan, dan lain-lain.

Memang, akhir-akhir ini tayangan Spacetoon Indonesia mendapat kritik dari masyarakat karena mulai menayangkan iklan yang tidak ramah anak, talkshow pengobatan alternatif, dan program-program musik dewasa.

Mungkin karena itu Spacetoon akhirnya dibeli oleh Wishnutama melalui PT Net Mediatama Indonesia. Namun, tayangan Spacetoon tetap dikenang oleh masyarakat Indonesia karena tayangannya yang berbeda dengan stasiun TV lain. Apalagi, Spacetoon adalah stasiun TV anak pertama yang bersiaran di Indonesia.

Sebelum terdengar berita ini, PT Net Mediatama Indonesia melaksanakan recruitment besar-besaran di beberapa kota besar. Mereka mencari karyawan-karyawan yang akan memulai perjalanan PT Net Mediatama Indonesia di pertelevisian Indonesia. Mulai dari tim produksi, HRD, jurnalis, news anchor, dan lain-lain. Sebentar, jurnalis dan news anchor?

Kemungkinan besar setelah Spacetoon berganti nama, semua konten tayangannya akan dirombak total oleh Net Mediatama Indonesia. Itu artinya acara-acara yang ditayangkan di stasiun TV pengganti Spacetoon nantinya akan sama dengan stasiun TV lain, termasuk acara berita. Bisa Anda bayangkan TV anak semacam Spacetoon menayangkan berita?

Meskipun begitu, pihak Net Mediatama dalam fanpage-nya mengatakan, akan tetap menayangkan acara-acara lawas Spacetoon, walaupun hanya 6 acara. Ini sedikit mengobati kekecewaan pemirsa setia Spacetoon.

Mungkin inilah saatnya masyarakat Indonesia dengan berat hati mengucapkan selamat tinggal kepada Spacetoon, dan mulai mengucapkan selamat datang kepada pengganti Spacetoon. Apakah “Revolusi Media” yang dicanangkan oleh Wishnutama kepada Spacetoon benar-benar membuat perbedaan di pertelevisian Indonesia? Kita lihat saja tanggal 26 Mei 2013.

Revisi 12 November 2018: Artikel ini diterbitkan pada tanggal 15 Mei 2013 di blog lama kami. Artikel ini juga diterbitkan di forum online Kaskus. Perubahan artikel dilakukan sebagai pembaharuan arsip artikel di situs baru kami.

Tulisan terkait

Mungkin kamu pengen baca ini juga

19 Comments

  1. nyusahin lo NET, cartoon kesukaan gw udh gak bisa ditonton lg, malag jd teve mainstream di seluruh channel…., net payah

  2. sekarang dah gak ada lagi coeg…
    sekarang sama seklai gak ada kartunnya…
    ninja hatori……
    pokoknya semua gak ada lagi…..

  3. Pengen deh spacetoon ditayangkan lagii film anak dlu kaya chibi maruko chan , kobo chan minky momo , ninja hatori , hamtaro , dsbnya knpa skrng mlh diganti jdi net ? Gimana cb masa kecil anak" jaman skrng ? Yg gatau tntng film anak dlu yg plg sklh lgs plg dn ntn film kartun ? Lah kl skrng ? Ank" plg sklh maen ke rmh tmn , warnet , atau apalah .. Kesian tau .. Please tayangkan lagi film spacetoon buat kita dn masa dpn ank" diseluruh indonesia

  4. sedih spacetoon dah gada padahal cuma itu stasiun tv yg sering saya tonton. saya nonton space toon dari sd sampe kelas 10 sma 🙁

  5. Terima kasih spacetoon telah menghiasi masa kanak" kami dengan kartun" yg baik.

    Saat ini mungkin para penggemar setia spacetoon masih menonton spacetoon dimanapun kau berada

    Thank you and also good bye Spacetoon 🙂

  6. Iyaa gwe kangen tuchh sma ninja hatori , absolute boy , hutch bee (mencari ibunya) poko'nya da best dechh masa kecil gwe trselamatkan , dlu sinetron juga gk banyak yg berminat , ayoo spacetoon bangkitlah kembali , kita gk mau anak dan cucu kita kena dampak ftv anjing!

  7. Thanks Spacetoon udh mewarnai hidup waktu kecil:"v, sampai sekarang selalu aja kalau sm tmn jd pembicaraan jaman SD nonton kartun ini itu . Smpe skrg jg msih teringat & msh blm trlalu trima bngt Spacetoon udh gada lg T_T

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *